Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi



Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Perubahan Sosial
Semua hasil pengembangan IPTEK khususnya dibidang teknologi informasi dan komunikasi tersebut telah mampu mengatasi sebagian besar masalah manusia dalam berbagai macam kegiatan pemenuhan kebutuhan hidup. Di zaman yang modern ini semua serba instan, cepat dan tepat. Walaupun demikian, penyalahgunaan IPTEK juga sering dilakukan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab dalam kegiatan kejahatan, dan bahkan merusak diri sendiri dan sesama.
Teknologi informasi dan komunikasi pun telah merubah kehidupan tradisi atau kebiasaan masyarakat. Sebagai contoh hilangnya kebiasaan Poskamling setiap malam menjadi hanya mempekerjakan petugas keamanan sebagai gantinya akibat dari penuhnya rutinitas sehari-hari atau kemalasan. Sebagai makhluk yang berakal budi, maka kita seharusnya mensyukuri dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini untuk menjadikan hidup kita ke arah yang lebih baik.
Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Perubahan Global
Dibidang global teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi sebagian besar aspek kehidupan manusia. Banyak hal positif di antaranya para wirausawan micro maupun makro sudah dapat menyentuh pasar internasional. Namun masih banyak pula pengaruh negatif dari berkembang pesatnya teknologi informasi dan komunikasi.
Facebook adalah salah satu bentuk kemajuan dari teknologi informasi dan komunikasi dimana kita dapat menghubungi teman, keluarga atau rekan kerja bahkan mempertemukan keluarga yang lama berpisah hanya dengan ujungjari kita saja. Namun semakin pesat informasi di dapat masyarakat maupun informasi dari masyarakat menghilangkan kesadaran bahwa setiap kata dalam informasi yang kita tulis dapat memberikan dampak negatif dan positif maupun membahayajan kita. Bahkan sampai terdapat kasus penghinaan melalui media sosial, penculikan dan kasus-kasus lainnya.

Comments